Tuesday, August 27, 2019

wanita yang menghadiri sholat jumat


·         Sholat dzuhur bagi yang tidak wajib jumatan
رابعاً ـ تعجيل صلاة الظهر ممن لا تجب عليه الجمعة:


قال أكثر أهل العلم (1) : من لا تجب عليه الجمعة كالمسافر والعبد والمرأة والمريض المزمن وسائر المعذورين، له أن يصلي الظهر قبل صلاة الإمام في الجمعة؛ لأنه لم يخاطب بالجمعة، فصحت منه الظهر، كما لو كان بعيداً من موضع الجمعة.
فإن صلاها، ثم سعى إلى الجمعة، لم تبطل ظهره عند الجمهور، وكانت الجمعة نفلاً في حقه، سواء زال عذره، أو لم يزل. وقال أبو حنيفة كما قال في الحالة الأولى: تبطل ظهره بالسعي إليها.


Mayoritas ulama berpendapat bahwa bagi orang yang tidak wajib melaksanakan sholat jumat (musafir, sahaya, wanita, orang yang sakit dll) diperbolehkan sholat dzuhur sebelum sholat imam jumat dimulai. Dan apabila setelah selesai melaksanakan dzhuhur ia berniat melaksanakan sholat jumat maka dzuhurnya tidak batal dan sholat jumatnya mendapatkan pahala sunnah.[1]

.

·           Sholat Jumat bagi wanita
Beberapa pendapat Ulama Lintas Madzhab bagi wanita yang menjalankan sholat Jumatan
Seorang wanita tidak berkewajiban melaksanakan sholat jumat, namun bukan berarti dilarang melaksanakannya.
Sedangkan bagi wanita yang telah melaksanakan sholat jumat tidak ada kewajiban menjalankan sholat dzuhur.
Hanafiyah : yang paling utama bagi seorang wanita adalah mengerjakan sholat dzuhur di rumahnya, baik bagi wanita yang telah berumur ataupun yang masih muda, karena hukum berjemaah sesungguhnya tidak ditekankan terhadap wanita.
Malikiyah : bagi wanita yang tidak lagi ada pesona tidak mengapa mendatangi sholat jumat, jika tidak maka akan menjadi makruh.
Syafiiyah : makruh bagi wanita mendatangi sholat Jumat apabila senantiasa ada unsur yang menarik perhatian (wanita yang rupawan atau wanita biasa namun menampakkan perhiasannya).
Apabila wanita tersebut tidak menarik perhatian dan juga tidak menampakkan perhiasannya, wewangian dll. Maka hukumnya sah mendatangi sholat jumat dengan 2 syarat :
1). Diberikan ijin oleh walinya
2). Tidak menimbulkan fitnah
Hambaliyah : diperbolehkan bagi wanita menghadiri sholat jumat asalkan bukan wanita yang rupawan.[2]





[1] Al-Fiqhul Islam wa adillatuhu. Wahbah Az-Zuhaili. Bab sholat dzuhur bagi yang tidak wajib jumatan
[2] Al-Fiqhul ala madzahibul arba. M. Al-Juzairi. Bab Sholat Jumat


No comments:

Post a Comment