Tuesday, July 25, 2023

BERSALAMAN SETELAH SHOLAT


 Bersalaman setelah sholat adalah amalan yang dianjurkan dalam Islam sebagai bentuk memperkuat tali silaturahmi dan menunjukkan rasa persaudaraan di antara jemaah yang telah menunaikan ibadah sholat bersama-sama. Amalan bersalaman ini dilakukan dengan memberikan salam kepada jemaah di sebelah kanan dan kiri setelah menyelesaikan sholat. Di luar itu semua salaman termasuk hal yang masuk dalam  khilafiyah (perbedaan) dari pada ulama berikut ini adalah tulisan mengenai salaman.

 

A.   Hukum mushofahah (bersalaman) setelah sholat

حكم المصافحة بعد صلاة الفريضة والنافلة

 

س: ما حكم المصافحة بعد الصلاة، وهل هناك فرق بين صلاة الفريضة والنافلة؟

Soal :

Apa hukumnya bersalaman setelah sholat, dan apakah ada perbedaan diantara sholat fardhu dan sholat sunnah ?

Jawab:

1.      PendapatSyeikh Abdul Aziz bin Baz (Mufti Saudi bermadzhab Hambali lahir 1330 H)

ج: الأصل في المصافحة عند اللقاء بين المسلمين شرعيتها، وقد كان النبي يصافح أصحابه  إذا لقيهم وكانوا إذا تلاقوا تصافحوا. قال أنس والشعبي رحمه الله: كان أصحاب النبي إذا تلاقوا تصافحوا وإذا قدموا من سفر تعانقوا.

 

 

Jawab :

Pada dasarnya bersalaman diantara kaum muslimin ketika berjumpa  adalah disyariatkan yakni ketika saling berjumpa. Nabi Muhammad Saw. senantiasa bersalaman dengan  para sahabatnya.  Imam As Syu`bi Rahimahullah meriwayatkan bahwa para sahabat nabi saling bersalaman satu sama lain. Anas bin Malik meriwayatkan dari Nabi“ ketika engkau saling berjumpa  maka bersalamanlah kalian, dan ketika kalian kembali dari sebuah perjalan (safar) maka berpelukanlah.

وثبت في الصحيحين أن طلحة بن عبيد الله -أحد العشرة المبشرين بالجنة

 قام من حلقة النبي في مسجده عليه الصلاة والسلام إلى كعب بن مالك

  لما تاب الله عليه فصافحه وهنأه بالتوبة. وهذا أمر مشهور بين المسلمين في عهد النبي وبعده

وثبت عنه أنه قال: ما من مسلمين يتلاقيان فيتصافحان إلا تحاتت عنهما ذنوبهما كما يتحات عن الشجرة ورقها

Dan telah ditetapkan dalam shohih Bukhori & Muslim (2 kitab hadis paling shohih) bahwa Tholhah bin Ubaidillah salah seorang dari 10 orang yang dijamin masuk surga senantiasa berdiri dari majlis rasulullah dalam masjid mendatangi Ka`ab bin Malik ketika Allah Sawt. Menerima taubatnya, kemudian dia bersalaman bersalaman dan memberikan ucapan selamat, dan hal ini (bersalaman) menjadi sebuah hal yang masyhur antara kaum muslimin pada jaman Nabi Saw. dan setelahnya.

selanjutnya diriwayatkan dari Nabi Muhammad aw. Bahwa nabi bersabda : “ tidaklah 2 orang muslim saling bertemu dan saling bersalaman melainkan berguguran dosa antara keduanya sebagaimana pohon yang menggugurkan daunnya.

ويستحب التصافح عند اللقاء في المسجد أو في الصف، وإذا لم يتصافحا قبل الصلاة تصافحا بعدها تحقيقا لهذه السنة العظيمة. ولما في ذلك من تثبيت المودة وإزالة الشحناء. لكن إذا لم يصافحه قبل الفريضة شرع له أن يصافحه بعدها بعد الذكر المشروع

Disunnahkan saling bersalaman saat bertemu di masjid atau saat berada di saf, dan ketika sebelum sholat tidak sempat bersalaman maka silahkan saling bersalaman setelahnya untuk mentahkik (merealisasikan) ajaran Islam yang agung, selain itu juga dapat menumbuhkan rasa sayang (antara muslim) dan menghilangkan beban yang ada (antara muslim), tetapi jika belum sempat bersalaman sebelum sholat fardhu dapat dilakukan setelahnya yakni setelah berdzikir.

أما ما يفعله بعض الناس من المبادرة بالمصافحة بعد الفريضة من حين يسلم التسليمة الثانية فلا أعلم له أصلا، بل الأظهر كراهة ذلك لعدم الدليل عليه؛ ولأن المصلي مشروع له في هذه الحال أن يبادر بالأذكار الشرعية التي كان يفعلها النبي بعد السلام من صلاة الفريضة. وأما صلاة النافلة فيشرع المصافحة بعد السلام منها إذا لم يتصافحا قبل الدخول فيها. فإن تصافحا قبل ذلك كفى

Adapun apa yang dilakukan sebagian orang terkait terburu-buru bersalaman (langsung) setelah salam kedua maka saya tidak tahu asalnya.  Bahkan yang  jelas adalah makruh karena dirasa belum  cukup dalil, dan  sebaiknya seorang  yang sholat hendaknya berdzikir terlebih dahulu sebagaimana telah dilakukan Nabi Muhammad Saw. setelah sholat fardhu.

Adapun untuk sholat sunnah maka boleh bersalaman setelah salam, diantaranya juga ketika belum bersalaman sebelumnya, dan jika telah bersalaman sebelumnya maka dirasa cukup.

Link :

https://urlis.net/5q1ehkbw

2.      Syeikh At Tahawi (Pakar hadis Madzhab Hanafi 239-321 H) https://id.wikipedia.org/wiki/Imam_Ath-Thahawi

 

Beliau berbeda pendapat dengan pendapat sebelumnya, karena memperbolehkan salaman setelah sholat (tanpa harus berdzikir)

 

 

فقال العلامة الطحطاوي الحنفي في حاشيته على "مراقي الفلاح" (ص: 530، ط. دار الكتب العلمية): [وكذا تُطلب المصافحة؛ فهي سنة عقب الصلاة كلها، وعند كل لُقِيٍّ] اهـ.

Syeikh al `Allamah  At Thahawi seorang pakar hadis bermadzhab Hambali (hidup semasa penulis kitab-kitab hadis) berkata : bersalaman adalah perihal yang dianjurkan tanpa terkecuali, demikian juga setelah sholat tanpa terkecuali dan setiap bertemu seseorang .

Lihat :  Hasyiah `ala Muroqil Falah. Hal. 530. Dar Kutub Ilmiyyah.

3.      Syeikh Al Hanuti al Hanafi (Pakar Fiqih Hanafi Mesir. 928 -1010 H) Maktabah Syamilah

 

وقال العلامة الحانوتي في "إجابة السائلين بفتوى المتأخرين" (ق: 6أ)، ونقله عنه العلامة الشرنبلالي الحنفي [ت: 1069هـ] في "سعادة أهل الإسلام بالمصافحة عقب الصلاة والسلام" (ص: 54، ط. دار الصالح):

Al Hanuti menukil dari  Al `Allamah As Syarnabalali  al Hanafi (990 -1069 H) berkata : sesungguhnya termasuk hal yang membahagiakan orang Islam adalah dengan adanya mushofahah (bersalaman) seusai sholat dan salam.

Lihat :  

Ijabatus Sa`ilin bi fatwa al Muta`akhhirin. Hal. 54. Dar al-Sholih

 

 نصت العلماء رضي الله عنهم على أن المصافحة.. مسنونة، من غير أن يقيِّدوها بوقت دون وقت؛ لقوله صلى الله عليه وآله وسلم: «مَنْ صَافَحَ أَخَاهُ وَحَرَّكَ يَدَهُ؛ تَنَاثَرَتْ ذُنُوبُهُمَا كَمَا يَتَنَاثَرُ الْوَرَقُ الْيَابِسُ مِنَ الشَّجَرَةِ، وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمَا مِائَةُ رَحْمَةٍ؛ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ لِأَسْبَقِهِمَا، وَوَاحِدَةٌ لِصَاحِبِهِ»،

Para ulama mencatat  bahwa bersalaman adalah sunnah tanpa harus dibatasi oleh apapun dan kapanpun. Hal ini senada dengan sabda Nabi Muhammad Saw. “ barang siapa bersalaman dengan saudaranya kemudian menggerakkan tangannya maka gugurlah dosa-dosa dari keduanya seperti daun kering yang berjatuhan dari pohon, lalu turunlah 100 buah rahmat untuk keduanya, 99 buah untuk yang lebih  dahulu mengajak salaman dan 1 bagian untuk temannya

 وقال أيضًا صلى الله عليه وآله وسلم: «مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ.. الحديث»، فالحديث الأول يقتضي مشروعية المصافحة مطلَقًا؛ أعمّ من أن تكون عقب الصلوات الخمس والجمعة والعيدين أو غير ذلك؛ لأن النبي صلى الله عليه وآله وسلم لم يَخُصَّها بوقت دون وقت،

Nabi kembali bersabda dalam hadis lain (dengan matan yang lain)....

Adapun hadis pertama menjelaskan adanya salaman mutlak dapat dilakukan dan  bersifat lebih umum dari sekedar setelah sholat 5 waktu, sholat jumat, sholat Ied dan sholat lain.  Hal ini juga karena Nabi Muhammad Saw. tidak menentukan waktu khusus (artinya  kapanpun)

فإذا فُعِلَت في أيِّ وقت كان؛ كانت من مقتضيات هذه الأدلة، وداخلة تحت عموماتها، ولا يُشتَرَط فعلُ النبي صلى الله عليه وآله وسلم المصافحة ولا أمرُه عليه الصلاة والسلام بالمصافحة؛ لأنَّ من المقتضيات ما أفاده الدليل،

Maka jika ada seseorang bersalaman (kapanpun) secara lansung telah termasuk dalam kategori menjalankan sunnah nabi tanpa harus ada syarat nabi melakukannya atau menyuruhnya di waktu khusus (karena adanya dalil di awal)

4.      Imam Nawawi (seorang imam besar ahli hadis & fiqih madzhab  Syafi`i, 631 H). Maktabah Syamilah

وقال الإمام النووي الشافعي في "المجموع شرح المهذب" (3/ 488، ط. دار الفكر): [والمختار أنْ يقال: إن صافحَ مَنْ كان معه قبل الصلاة: فمباحةٌ كما ذكرنا، وإن صافح من لم يكن معه قبل الصلاة عند اللقاء: فسنة بالإجماع؛ للأحاديث الصحيحة في ذلك] اهـ، ونقله الحافظ أبو الفتح بن سيد الناس اليعمري في "النفح الشذي شرح جامع الترمذي" (4/ 564، ط. دار الصميعي) مُقِرًّا له

Imam Nawawi As SYafi`i ra. Berkata “ jika seseorang saling bersalaman sebelum sholat maka hukumnya mubah (boleh),dan jika sebelum sholat tidak ada lalu bertemu dan bersalaman maka sunnah menurut Ijma` ulama.

قال الإمام النووي في "الأذكار" (ص: 266، ط. دار الفكر): [واعلم أنَّ هذه المصافحة مستحبة عند كل لقاء، وأما ما اعتاده الناس من المصافحة بعد صلاتي الصبح والعصر فلا أصل له في الشرع على هذا الوجه، ولكن لا بأس به؛ فإن أصل المصافحة سُنَّة،ـ.

Imam Nawawi berkata dalam al-Adzkar An Nawawi “ketahuilah bahwa bersalaman disunnahkan di setiap pertemuan, adapun mengkhususkan waktu untuk bersalaman seperti ba`da subuh dan asar tidak saya dapati asalnya dalam syar`i, akan tetapi tidak mengapa karena hukum asal bersalaman adalah sunnah.

 

5.      Lajnah Muhammadiyah

Berjabat tangan jika dikaitkan dengan contoh dari Nabi khususnya seusai shalat berjama’ah, team fatwa belum menemukan dalilnya. Kecuali hadits yang menunjukkan adanya jabat tangan tetapi dalam peristiwa jama’ah shalat telah selesai sama sekali dan jama’ah mulai bubar meninggalkan masjid. Waktu itu nabi datang di suatu wilayah baru, sehingga masyarakat beramai-ramai ingin mengenal lebih dekat kepada nabi. Sementara itu beliau membiarkan tangannya dipegang oleh para jama’ah. Hadits ini diriwayatkan oleh al-Bukhari dari Abu Juhaifah:

عَنِ الْحَكَمِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا جُحَيْفَةَ قَالَ: خَرَجَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه و سلم بِالْهَاجِرَةِ إِلَى الْبَطْحَاءِ فَتَوَضَّأَ ثُمَّ صَلَّى الظُّهْرَ رَكْعَتَيْنِ وَالْعَصْرَ رَكْعَتَيْنِ وَبَيْنَ يَدَيْهِ عَنَزَةٌ. قَالَ شُعْبَةُ وَزَادَ فِيْهِ عَوْنٌ عَنْ أَبِيْهِ أَبِى جُحَيْفَةَ قَالَ: كَانَ يَمُرُّمِنْ وَرَائِهَا الْمَرْأَةُ وَ قَالَ النَّاس فَجَعَلُوْا يَأْخُذُوْنَ يَدَيْهِ فَيَمْسَحُوْنَ بِهَا وُجُوْهُهُمْ قَالَ: فَأَخَذْتُ بِيَدِهِ فَوَضَعْتُهَا عَلَى وَجْهِى فَإِذَاهِىَ أَبْرَدُ مِنَ الثَّلْجِ وَأَطْيَبُ رَائِحَةً مِنَ الْمِسْكِ (رواه البخارى) 

 

 Artinya:

Rasulullah saw pergi pada waktu tengah hari ke Batha’ lalu berwudhu kemudian beliau shalat Dzuhur dua raka’at dan Ashar dua raka’at. Di hadapannya ditancapkan tongkat. Syu’bah berkata dan Aun menambahkan periwayatan yang diterima dari ayahnya Abu Juhaifah. Ia berkata para wanita berlalu di belakang tongkat itu dan orang-orang serentak bangun seusai menunaikan shalat kemudian memegang tangan nabi dan mereka menyapu wajah mereka dengan tangannya. Dan akupun memegang tangan nabi dam aku letakkan di wajahku, aku rasakan tangan beliau lebih dingin dari salju dan lebih wangi dari bau kasturi. (HR. Muslim)

Lih :

https://muhammadiyah.or.id/berjabat-tangan-setelah-shalat-berjamaah/

 

6.      Menurut Nahdatul Ulama`

Bersalaman setelah sholat hukumnya mubah tanpa merusak apapun kaitannya dalam  ibadah sholat. Adapaun dalil yang digunakan adalah sama dengan  yang gunakan oleh Muhammadiyah

https://islam.nu.or.id/ubudiyah/bersalaman-setelah-shalat-gqN0C

 


No comments:

Post a Comment