Monday, July 29, 2013

Ied & I`tikaf



I`TIKAF  (اعتكاف)
A.    Arti I`tikaf
Hukum i`tikaf adalah mustahab, terkecuali jika dinadzarkan menjadi wajib. Arti i`tikaf secara etimologi adalah mendiami sesuatu baik yang bersifat baik atau buruk. Sedangkan secara syar`i artinya mendiami sesuatu dengan syarat khusus[1].

Dasar pelaksanaan i`tikaf ada di dalam surat al-Baqoroh ayat 125 yang artinya                       "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, yang iktikaf, yang rukuk dan yang sujud".
Sedangkan di dalam hadis adalah sebagai berikut :
عَنْ ‏ ‏عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ ‏ ‏رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا ‏ ‏قَالَ ‏ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ‏ ‏صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ‏ ‏يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الْأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ
Dari Abdillah bin Umar Ra. “ rosulullah biasa beri`tikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan[2]
B.     Rukun I`tikaf
Rukun i`tikaf ada dua macam,  yaitu niat lalu berdiam menetap di masjid.  Meski demikian diperbolehkan di luar bulan Ramadhan[3].
‏عَنْ ‏ ‏عَائِشَةَ ‏ ‏رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا ‏ ‏قَالَتْ ‏ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ‏ ‏صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ‏ ‏يَعْتَكِفُ فِي كُلِّ رَمَضَانٍ وَإِذَا صَلَّى ‏ ‏الْغَدَاةَ ‏ ‏دَخَلَ مَكَانَهُ الَّذِي اعْتَكَفَ فِيهِ قَالَ فَاسْتَأْذَنَتْهُ ‏ ‏عَائِشَةُ ‏ ‏أَنْ تَعْتَكِفَ فَأَذِنَ لَهَا فَضَرَبَتْ فِيهِ ‏ ‏قُبَّةً ‏ ‏فَسَمِعَتْ بِهَا ‏ ‏حَفْصَةُ ‏ ‏فَضَرَبَتْ ‏ ‏قُبَّةً ‏وَسَمِعَتْ ‏ ‏زَيْنَبُ ‏ ‏بِهَا فَضَرَبَتْ ‏ ‏قُبَّةً ‏ ‏أُخْرَى فَلَمَّا انْصَرَفَ رَسُولُ اللَّهِ ‏ ‏صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ‏ ‏مِنْ الْغَدَاةِ أَبْصَرَ أَرْبَعَ قِبَابٍ فَقَالَ مَا هَذَا فَأُخْبِرَ خَبَرَهُنَّ فَقَالَ مَا حَمَلَهُنَّ عَلَى هَذَا ‏ ‏آلْبِرُّ ‏ ‏انْزِعُوهَا فَلَا أَرَاهَا فَنُزِعَتْ فَلَمْ يَعْتَكِفْ فِي رَمَضَانَ حَتَّى اعْتَكَفَ فِي آخِرِ الْعَشْرِ مِنْ شَوَّالٍ
Artinya :
Dari Aisyah R.a. berkata “ rosul senantiasa beri`tikaf pada bulan ramadhan, ketika beliau telah selesai sholat shubuh, lalu beliau masuk ke dalam tempatnya (tenda kecil), lalu aku meminta ijin untuk beri`tikaf dan beliau memperkenankannya. Lalu aku membuat tenda, kemudian Hafsahpun mendengar dan membuatnya, begitupun juga dengan Zainab. Ketika rosulullah keluar  di waktu pagi dilihatnya ada 4 tenda di dalam masjid, dan beliau bertanya “ adapa ini ? “ dan aku menceritakannya, beliau berkata tidak ada yang membuat mereka begini kecuali kebaikan, lepaskanlah (tendanya) dan beliau tidak beri`itikaf lagi (setelahnya) sampai datangnya 10 akhir terakhir di bulan syawwal.[4]


C.    I`tikaf pada bulan ramadhan
I`tikaf pada bulan ramadhan sangat dianjurkan karena bertepatan dengan adanya peristiwa “Lailatul Qadar “ yang mempunyai kedudukan yang luar biasa di sisi Allah Swt. firman Allah dalam surat al-Qodar              : ليلة القدر خير من ألف شهر
Artinya : malam lailatul qadar lebih utama dari 1000 bulan. Senilai dengan 83/84 tahun.
Keistimewaan ini hanya dimiliki diberikan kepada umat nabi Muhammad Saw. dan akan tetap ada hingga hari kiamat[5], sedangkan seseorang yang melaksanakan sholat isya dan sholat shubuh bertepatan dengan malam tersebut diangga telah mendapat bagian daripadanya.
Para ulama mengatakan terjadinya malam tersebut biasa terjadi pada malam-malam ganjil di akhir 10 ramadhan (21, 22, 23, 24, 25, 27, 29). Namun Syekh Abu Hasan mengatakan bahwa jika awal ramadhan hari ahad atau rabu maka insya Allah lailatul qadar akan tiba pada malam yang ke 29, jika awalnya hari selasa akan tiba pada malam 21, jika selasa atau jumat akan tiba pada malam 27, dan jika awalnya kamis maka jatuh pada malam 25, dan jika awalnya hari sabtu maka akan jatuh pada malam 23.
SHOLAT IED
A.    Hukum sholat ied
Sholat ied adalah salah satu sholat yang diajarkan rosulullah Muhammad Saw. kepada kita. Hukum sholat ied menurut sebagian para imam adalah wajib ainiyah[6], sedangkan pendapat lain merupakan sunnah muakkadah[7], bahkan ada juga yang mengatakan fardhu kifayah[8].
Sholat ied dilaksanakan oleh penduduk mukim[9] baik lelaki ataupun perempuan, meski demikian tidak wajib dilakukan dengan berjamaah.[10]
B.     Hitungan takbir sholat ied
Takbir pertama sholat ied adalah wajib, sedangkan takbir selanjutnya adalah sunnah. Pada rokaat pertama dan kedua jumlah takbir sunnah ada yang sebanyak 3 & 3,[11]ada juga 6 & 5[12], ada juga yang 7 & 5[13].
Di antara takbir dianjurkan membaca tasbih[14],  sedangkan pelaksanaan takbir sunnah sendiri ada yang di awal (sebelum membaca fatihah), ada juga yang di tengah (antara fatihah & surat).
C.    Makmum yang tertinggal
Bagi makmum yang tertinggal tidak wajib mengqodlo, akan tetapi diperbolehkan mengqodlonya secara munfarid (sendiri).
D.    Tempat melaksanakan sholat
Dianjurkan melaksanakan sholat ied di tempat yang lapang agar menampung seluruh jamaah yang ada, selain itu bagi perempuan yang sedang berhalangan dianjurkan untuk mendengarkan khutbah imam (meski tidak ikut sholat). Namun jika masjid masih mencukupi sebaiknya dilaksanakan di masjid[15]. Menurut imam Syafi`i diperbolehkan melaksanakan sunnah sebelum & sesudahnya[16], tapi menurut imam lain tidak diperbolehkan.

Daftar Pustaka :
1)      Rohmatul Ummah fi ihtilafil A`immah” Syeikh Muhammad bin Abdurrahman Damsyik. Al-Hidayah. Surabaya
2)      Fiqih ala Madzahibul arbaah” Abdurrahman al-Juzairi. Dar-elfikr. Beiurut.
3)      Kifayatul Akhyar”. Abu Bakar bin Muhammad al-Hasani. Dar-ilmi. Surabaya. 
4)      Khosiyatani”. Syihabudin ibnu Salamah & Syihabudin Ahmad barlisi.  Ihya Kitab Arobiyah. Indonesia.
5)      Shohih Bukhori” imam Bukhori. Islamic_Software.
6)      Bughyatul Mustarsyidin”. Sayid Abdurrahman bin Muhammad bin Husain. Dar-el-Fikri.
7)      Digital Al-Qur`an. Islamic_Software.


[1]Abu Bakar bin Muhammad al-Hasani “Kifayatul akhyar” hal. 174.
[2] H.R. Bukhori. Shohih.
[3] Suatu saat Rosulullah
[4] H.R. Bukhori. Shohih
[5] Syihabudin ibnu Salamah & Syihabudin Ahmad barlisi. “Khostiyatani”, Ihya Kitab Arobiyah. Indonesia.
[6] Wajib perorangan. Qoul Abu Hanifah.
[7] Imam Maliki & Syafi`i.
[8] Imam Hambali.
[9] Tidak wajib bagi musafir
[10] Maliki & Syafi`i.
[11] Hanafi
[12] Maliki & Ahmad.
[13] Syafi`i.
[14] سبحن الله والحمد لله ولا اله الا الله والله اكبر
[15] Syafi`i.
[16] Kecuali imam.

No comments:

Post a Comment